Membeli tiket kereta api sangat mahal jika dibeli pada saat tahun baru ataupun lebaran. Strategi bepergian dengan menggunakan kereta api dapat efektif digunakan ketika akan mudik lebaran.
Dikatakan efektif karena tidak banyak mengeluarkan tenaga dan biaya, serta kecil kemungkinannya dari resiko kecelakaan dalam perjalanan. Hampir sebagian besar perjalanan yang menggunakan kereta api dapat menghemat waktu dan terhindar dari macet dalam perjalanan.
Umumnya sebagian besar masyarakat yang menggunakan kereta api adalah yang akan melakukan mudik lebaran. Tentunya jarak tempuhnya rata-rata sangat jauh karena tujuannya menuju provinsi lain seperti jawa tengah, jawa timur, dan lainnya.
Berbagai alasan diutarakan oleh masyarkat yang mengadakan perjalanan dengan kereta api tersebut menyatakan bahwa, dengan transportasi kereta api maka keberangkatan pasti dan tepat waktu, termasuk kepulangan dari mudik dapat dipesan jauh hari sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.
Selain bepergian pada saat mudik lebaran, strategi bepergian menggunakan kereta api juga sangat efektif dilakukan dalam menghindari macet ketika berangkat bekerja ke kantor.
Sebagian besar masyarakat yang menggunakan transportasi kereta api ketika berangkat bekerja ke kantor memiliki tempat tinggal di luar Jakarta namun ada pula yang berlokasi di sekitar Jakarta.
Lokasi seperti Depok, lenteng agung, Citayam, pasar minggu, dan daerah sekitar Jakarta lainnnya merupakan lokasi masyarakat yang umumnya menggunakan kereta api menuju Jakarta kota. Namun ada pula tempat tinggalnya yang berlokasi di Bogor, Bojong gede, dan lainnya yang menggunakan jasa kereta api untuk berangkat menuju tempat bekerjanya masing-masing.
Bila dilihat secara universal baik yang melakukan perjalanan mudik ataupun yang menggunakan transportasi tersebut menuju tempat bekerja masing-masing, keduanya memiliki kesamaan dalam hal waktu yang lebih cepat agar lebih cepat sampai tujuan.
Walaupun secara harga tiket sangat jauh berbeda, namun keduanya sama-sama harus membeli tiket sebelum melakukan naik ke kereta api. Jumlah pengguna kereta api pun tidak pernah berkurang, justru semakin bertambah setiap tahunnya. Ini ditunjukkan dengan adanya penambahan jumlah gerbong bekas yang terlihat baru yang dibeli oleh PT. KAI dari jepang.
Perjalanan kereta api Jabotabek adalah lalu lintas tersibuk dalam transportasi yang digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk berangkat bekerja.
Ini ditunjukkan sering ditemuinya keterlambatan kedatangan rangkaian kereta yang tidak sesuai jadwal. Menurut PT.KAI keterlambatan tersebut diakibatkan oleh gangguan sinyal, sehingga terjadilah peristiwa terlambat tersebut. Walaupun sering mengalami kendala tersebut PT. KAI terus berusaha mendapatkan solusi agar penumpang aman, dan nyaman menggunakan kereta api.
Sebagai contoh tiket kereta api bogor-jakarta yang awalnya secara fisik hanya berbentuk secarik karton yang bertuliskan tujuan yang akan dituju, mengalami perubahan menjadi secarik kertas, hingga tiket elektronik hingga saat ini.
Strategi Membeli Tiket Kereta Api
Perubahan yang dilakukan PT. KAI tersebut tentu dengan alasan kuat mengurangi jumlah penumpang illegal yang tidak pernah membeli tiket. Selain itu tujuan lainnya adalah mengurangi penumpang yang naik keatas gerbong yang mengakibatkan tingginya angka kecelakaan akibat tersengat listrik tegangan tinggi dari kabel listrik di atas gerbong kereta.
Semua inovasi tersebut memang tidak sia-sia,sehingga hingga kini penumpang yang naik diatas gerbong pun sudah tidak ada dengan meniadakan kereta ekonomi, dan digantikan dengan commuter line.
Kasus pelecehan seksual yang dilakukan penumpang pria kepada penumpang wanita pun hampir tidak ada dengan adanya pemisahan gerbong wanita dan pria, serta adanya petugas keamanan yang ditempatkan didalam gerbong kereta api. Semua inovasi tersebut memang membutuhkan biaya ekstra, namun hasil yang didapatkan pun cukup memuaskan.
Walaupun hingga saat ini aspek kenyamanan dalam menggunakan kereta api menuju tempat bekerja masih jauh dari kata nyaman, namun PT. KAI pantang menyerah dalam berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasanya.
Selain transportasi Jakarta – bogor tersebut, PT. KAI pun berinovasi terhadap para pengguna jasanya yang menggunakan kereta api untuk bepergian mudik lebaran. Inovasi yang sudah dilakukannya tersebut adalah dengan merubah tiket kereta api yang awalnya dibeli dengan cara konvensional dengan datang ke loket, berubah dengan sistem pembelian secara online.
Inovasinya tersebut bertujuan agar masyarakat terhindar dari penjualan tiket yang dilakukan oleh calo yang cenderung lebih mahal, serta mengurangi antrian di loket yang melebihi kapasitas.
Dampak yang terlihat adalah pada mudik lebaran tahun 2014 ini, dimana para pemudik yang menggunakan kereta api jauh lebih tertib dan teratur. Selain itu sebagian besar pengguna kereta api dapat bepergian mudik dan pulang mudik dengan aman sampai tujuan.
Selain pemudik yang menggunakan jasa kereta api, sebagian masyarakat pun ada yang menggunakan jasa mudik gratis dari perusahaan besar, dan mudik gratis dari jasa raharja. Tentunya dengan adanya layanan tersebut pemudik yang menggunakan motor pun berkurang, sehingga memperkecil angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
Berbagai kendala dalam transportasi kereta api tersebut dihadapi oleh PT. KAI dalam waktu yang cukup lama. Selain itu dalam waktu yang cukup lama tersebut PT. KAI berusaha mencari solusi terbaik bagi masyarakat, serta solusi untuk menutup kerugian yang selalu dialami oleh perusahaan penyedia jasa transportasi tersebut.
Pelajaran yang dapat diambil pun cukup banyak, seperti jangan mudah menyerah dalam berusaha, jangan berhenti berfikir mencari solusi, dan masih banyak lagi. Tentunya pelajaran tersebut sangat berharga bagi masyarakat dalam menngatasi permasalahan yang harus dihadapi dalam kehidupan rumah tangganya masing-masing.
Hingga saat ini PT.KAI berencana akan meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat, agar pengguna kereta api merasa nyaman menggunakan jasanya tersebut denganterus menambah jumlah rangakaian kereta api secara bertahap.
Dalam tiga bulan terakhir terdapat dua rangkaian kereta api seharga miliaran rupiah tersebut sudah didatangkan dari jepang, namun masih harus di modifikasi terlebih dulu, khususnya dari segi panduan penumpang yang ada didalam gerbong yang masih bertuliskan bahasa jepang.
Rencana PT. KAI yang hingga kini sudah bisa melayani hampir 2 juta penumpang setiap harinya tersebut, akan ditingkatkan pelayanannya agar dapat melayani penumpang sebanyak 2,5 juta penumpang setiap harinya.
Dengan adanya rencana tersebut semoga masyarakat dapat lebih paham dengan tata penggunaannya. Masyarakat secara umum dapat mengurangi pemakaian kendaraan pribadi mereka dan beralih menggunakan transportasi public kereta api. Terlebih jika pengunaan kereta api dapat menunjang aktivitas menuju tempat bekerja, maka tidak perlu lagi repot membeli tiket kereta api pra bayar.
Saat ini dalam penggunaan sistem tiket elektronik pengguna juga dapat menikmati tiket kereta api dengan sistem abodemen dengan pembayaran bulanan. Dengan adanya sistem abodemen tersebut harapannya masyarakat tidak perlu lagi mengantri di loket, sehingga dapat lebih efisien secara waktu.
Karena tiket kereta api juga bisa didapatkan dengan mudah dengan membelinya seminggu sebelum hari keberangkatan.
Dengan mengetahui cara membeli tiket kereta api secara benar, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan tiket kereta dengan waktu yang lebih cepat.
Sosialisasi tentang penggunaan kereta juga harus diterapkan dengan lebih baik lagi, sehingga transportasi kereta api pun akan semakin populer, tentunya akan menginspirasi generasi muda agar dapat menciptakan dan mengembangkan rangkaian dan gerbong kereta hasil karya Indonesia.
Demikianlah artikel tentang Strategi Membeli Tiket Kereta Api baca juga postingan pada kategori Kereta Api lainnya, semoga bermanfaat buat Anda. Silahkan share barang kali orang terdekat Anda juga membutuhkan informasi ini.