Kamu pasti pernah dengar istilah content marketing, kan? Emang udah banyak banget sih yang jadiin content marketing sebagai salah strategi pemasaran. Entah itu bentuknya konten Instagram, Twitter YouTube atau channel lainnya.
Cuma kamu pasti nyadar dong ada banyak banget bisnis yang berhasil pakai strategi ini. Tapi nggak sedikit juga yang gagal. Nah, di artikel kali ini aku pengen ngajak kamu belajar lebih detail tentang content marketing untuk bisnis.
Kita akan cari tahu dulu apa sebenernya content marketing itu terus lanjut ke langkah-langkah menjalankan content marketing yang sukses.
Content marketing adalah teknik promosi yang mengandalkan konten untuk menarik konsumen. Tapi bukan sembarang konten ya yang dibuat. Biar strategi promosi ini berhasil, kamu perlu buat konten yang relevan, penting, dan konsisten.
Selain itu, kamu juga perlu paham siapa audiens/target pasarmu, masalah yang mereka hadapi, dan juga keunikan produk yang bisa kamu tawarkan. Jadi, konten yang kamu buat benar-benar bermanfaat dan bisa menarik calon konsumen.
Nah, setelah tahu apa yang dibutuhkan, sekarang kita langsung lanjut ke 7 langkah membuat strategi content marketing.
Yang pertama, tentukan tujuan. Langkah ini nggak boleh kamu skip. Tujuan yang jelas bakal bantu kamu tetap fokus menjalankan strategi dengan baik. Kalau kamu bingung, kamu bisa pakai metode SMART alias Specific, Measurable Attainable, Relevant, dan Time-Bound.
Pertama, specific. Buat target yang jelas dan tidak ambigu. Misalnya nih, meningkatkan traffic organik, mendapatkan leads, atau menjadi TOP 3 di hasil pencarian Google. Measurable. Pastikan targetmu itu bisa diukur. Jadi, kamu tahu perkembangan dan mengevaluasi strategi content marketing kamu.
Attainable alias bisa dicapai dan realistis. Relevant. Buat tujuan yang relevan dan juga mendukung bisnis kamu. Time-Bound alias berbatas waktu atau ada deadline-nya. Jadi, kamu akan terpacu untuk menjalankan strategi dengan efektif dan juga mengevaluasi progresnya.
Kedua, riset buyer persona. Buyer persona adalah profil calon konsumen yang kamu sasar. Profil ini berisi data seperti jenis kelamin, usia, hannel sosmed yang digunakan, kebiasaan berbelanja, dan lain sebagainya.
Lewat buyer persona, kamu bisa mendesain strategi content marketing yang lebih baik. Mulai dari gaya bahasa, topik dan jenis konten, channel untuk menyebarkan konten, dan sebagainya. Biar lebih jelas, kamu bisa baca artikel tentang cara menciptakan buyer persona.
Ketiga, pilih platform untuk content marketing. Supaya lebih efektif, pilih platform yang sering digunakan untuk diakses oleh calon konsumen kamu. Entah itu website, Instagram, YouTube, atau pun platform yang lainnya.
Keempat, cari ide konten. Cari ide konten yang sesuai dengan buyer persona kamu. Caranya, survei konten-konten yang pernah dibuat oleh kompetitor bisnis kamu. Tapi jangan plagiat, ya! Jadikan konten itu sebagai inspirasi saja.
Dan kamu bisa buat versi yang lebih bagus. Selain itu, kamu bisa juga cari ide dengan riset kata kunci. Dengan ini, kamu justru bisa dapat ide konten yang memang banyak dicari orang.
Kelima tentukan jenis konten. Buat konten yang menurutmu paling menarik untuk calon konsumen. Entah itu bentuknya artikel blog ebook, infografik, video, podcast, atau pun postingan di sosial media.
Keenam, terbitkan dan kelola konten kamu. Supaya content marketing berhasil, kamu perlu melakukannya dengan konsisten. Salah satu triknya yaitu dengan membuat kalender konten. Jadi strategimu lebih tertata dan kamu bisa mendokumentasikan konten yang pernah kamu buat.
tujuan content marketing contoh content marketing di instagram desain konten marketing hasil riset dari content marketing institute jenis konten marketing cara membuat konten marketing contoh konten marketing ide konten marketinTerakhir, audit konten. Content marketing bukan cuma soal terus-terusan membuat konten baru. Kamu juga perlu melakukan audit pada konten lama agar isinya tetap relevan. Cek di Google Analytics. Cari konten yang menghasilkan banyak traffic dan update konten tersebut agar lebih menarik.Selain itu, kamu bisa juga update konten agar lebih SEO-friendly. Update kata kunci, meta deskripsi, atau optimasi gambar agar loading website tidak lambat.
Kalau kamu berhasil menjalankan 7 strategi content marketing untuk bisnis tadi dijamin deh brand awareness kamu bakal meningkat kamu dapat kepercayaan lebih dari calon konsumen traffic ke website naik kualitas SEO website bakal meningkat dan tentunya akan lebih banyak konsumen yang kamu dapat.
Oh ya, satu lagi. Content marketing ini bisa jadi investasi jangka panjang buat bisnis online kamu. Kamu cuma perlu buat konten sekali, tapi calon konsumenmu bisa akses kontenmu bertahun-tahun kemudian.
Beda sama iklan yang tayangnya dibatasi waktu. Jadi, gitu yaa 7 langkah membuat strategi content marketing untuk bisnis.
Demikianlah artikel tentang Strategi Ampuh Konten Marketing untuk Bisnis baca juga postingan pada kategori Marketing lainnya, semoga bermanfaat buat Anda. Silahkan share barang kali orang terdekat Anda juga membutuhkan informasi ini.