Kenapa saya harus perhatikan informasi yang Anda kirimkan. Jadi apa topik? Misalnya wanita karir sekarang masanya work life balance. Mungkin produk Anda bisa membantu dari sisi worklife balance dan headline yang Anda tulis adalah hidup kurang seimbang kurang punya waktu dengan anak-anak.
Nah itukan menjadi pusat perhatian mereka. Ya di banding cuman produk ini produk abc dan ini manfaatnya dengan Anda. No, itu artinya jualan yang hard selling. Soft sellingnya gimana? Jadi apa, topik apa yang mereka lagi fokuskan.
Sekarang ke empat, pertanyaannya adalah kenapa harus Anda. Kenapa nggak komeptitor lain? Kan semua orang punya kompetitor Ya, nah itu Anda juga harus discover your unique selling point.
Baru yang ke 5 bagaimana. Anda sudah tau siapa, dimana, apa yang akan membuat mereka memperhatikan Anda. Kenapa harus Anda ya benefit-benefit yang jelas. Kenapa harus berbisnis sama Anda.
Setelah itu yang terakhir adalah bagaimana semua ini bisa terjadi. Oke kalau memang itu, kita harus pasang iklan enggak? Kalau itu kita harus mengunjungi grup atau komunitas mereka untuk membuat sebuah topik pembicaraan.
Oke, nah itu bagaimananya semakin jelas kalau Anda sudah do your homework ya apa, dimana, siapa, kapan, dan kenapa dan itu harus berurutan jangan bagaimananya di taro di atas.
Soalnya bagaimana itu paling nggak jelas kalau 4 itu belum di jawab. Perhatikan juga cost of acquisition Anda ya. Kalau Anda investasikan berapa juta itu akan mendapatkan berapa klien.
Itu namanya buying customers, bagaimana berapa harga yang harus Anda investasikan per customer. Nanti kalau misalnya Anda kurang jelas, saya pernah membuat video tentang cost of acquisition. Nah, apa 3 kesalahan orang marketing dalam meningkatkan leads ?
Nomor 1 tidak mengkalkulasi ongkosnya, tidak mengkalkulasi perbandingan di banding cost of marketing di banding profit yang mereka dapatkan Per marketing campaign. Jadi makin lama, kalkulasi return of investement Anda nggak jelas atau minus.
Justru lama-lama Anda tidak punya duit marketing lagi dan Anda cekcok sama orang finance. Nah itu yang membuat sakit hati. Udah kerja keras tapi nggaka ada hasilnya, jadi tolong pastikan Anda mengerti cost of acquisition, mengerti konsep buying customers supaya Anda bisa mengkalkulasikan profit per customers. Kenapa saya bilang profit bukan sales? Ya, oke customer bisa beli sejuta.
Tapi kalau profitnya cuma 100ribu. Ya akan ada produk yang profitnya kecilkan misalnya produk IT, produk retail, banyaklah beberapa produk yang profitnya kecil. Tapi juga ada profit-profit yang besar. Nah, saya menghimbau Anda untuk mengkalkulasi profit, bukan revenue. Soalnya revenue cuma janji doang. Yang bener-bener Anda kantongi kan profitnya.
Jadi kalau misalnya revenue sejuta wah keren, saya investasikan 5 juta terus dapet 10 juta kan. Karena saya dapet banyak customernya oke, tapi profitnya berapa. Oh, 1 customer profitnya cuma 100 ribu coach. Oke jadi Anda investasikan 5 juta, Anda dapet 1 juta ya, sepuluh customer di kalikan 100 ribu. So, Anda ternyata nggak profitable banget.
Jadi, apakah kita harus running campaign yang sama? Gimana at least kita harus improve Kedua kesalahan terbesar adalah menggunakan sumber yang tidak efektif.
Jadi, terkadang kita mengejar ke kerenan sumber itu semua orang online, kita online. Semua orang ini, kita ini. Ya kan, semua orang melakukan itu, kita lakukan juga Tapi, karena kita tidak kalkulasi dan ternyata kita ada 10 marketing strategy dan hanya 2 yang menghasilkan.
Tapi 8 nya itu kita lakukan demi kelihatan keren demi sibuk. Nah itu bedanya bisnis dan business. Ya kan, nah ini coba kita perhatikan lead source. Kita ada sebuah report namanya lead source report menghitung berapa banyak leads yang sepertinya datang dari sumber yang mana.
Anda itu sering sekali mencari leads dingin. Ya kan, dan itu banyak sekali investasi yang harus Anda keluarkan. Tapi, bagaimana dengan orang-orang yang sudah happy sama Anda, sudah pernah beli kepada Anda.
Pernah nggak Anda juga pernah minta liveral ke mereka, kasih mereka insentif kalau mereka bawa temen, kasih mereka insentif kalau mereka merekomendasikan Anda.
Nah disinilah sering kali kita membuang banyak waktu dan banyak energi untuk mencari leads baru tapi tidak memperhatikan leads lama atau potensial leads yang bisa di dapatkan dari network kita. Banyak sekali yang harus Anda harus pikirkan dan saya mau lihat hasil ya.